KESALAHAN "PENGGUNA LAPTOP"

Pada era digital sekarang, semua orang tidak akan lepas dengan yang namanya laptop. Laptop sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap kalangan, mulai dari bangku pendidikan sampai bekerja. Sejak dibangku pendidikan pasti sudah ada yang namanya presentasi yang mana membutuhkan laptop sebagai medianya, begitu juga pun hingga sekarang. Semua tugas pasti memerlukan laptop untuk media menuangkan pikiran kedalam bentuk Artikel, Penulisan, Skripsi d.l.l.

Laptop sendiri sudah mengalami perkembangan yang sangat cepat, mulai dari laptop yang masih berdesain tebal dan di lengkapi processor yang dikatkan sudah canggih  dan hingga sekarang menjadi tipis, simpel, dan touchscreen dilengkapi dengan processor yang super canggih. Disamping memiliki laptop yang sudah canggih, kadang pengguna laptop tidak menghiraukan sebenarnya banyak kesalahan-kesalahan yang serung kali dilakukan.

Untuk itu, mengetahui kesalahan apa saja yang mungkin selama ini sering lakukan saat menggunakan  laptop adalah hal wajib. Seperti apa kesalahan-kesalahan yang mungkin sering di lakukan ? Berikut kesalahan-kesalahan yang sering diabaikan pengguna laptop :

1. Tidak Mengunduh Dan Menerapkan Pembaruan Dari Sistem Operasi


Peringatan untuk mengunduh pembaruan sistem operasi mungkin akan menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi pada saat itu, kamu sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Namun, mengabaikannya juga merupakan kesalahan yang masih sering dilakukan oleh banyak orang.

Memperbarui sistem operasi bisa meningkatkan kinerja komputer ataupun laptopmu. Tidak memperbaruinya bisa membuat komputer atau laptop menjadi lebih rentan diserang peretas dan malware. Kelalaian ini juga bisa menyebabkan kerusakan serius pada data dan pencurian identitas.


2. Membuka Banyak Tab Di Dekstop Maupun Browser


Perlu kamu ketahui bahwa melakukan hal tersebut bisa memperlambat kinerja komputermu. Beberapa keluhan yang disampaikan pengguna komputer dan laptop berkaitan dengan betapa lambatnya komputer mereka. Padahal, masalahnya hanya karena mereka membuka terlalu banyak tab. Hal yang sama berlaku saat kamu melakukan selancar internet.

3. Mengabaikan Peringatan Memori Penyimpanan Yang Penuh


Banyak file yang disimpan seperti file, foto, dan video apalagi simpanan aplikasi download akan mempengaruhi terpakainya ruang penyimpan pada laptop. Yang mana akan membuat kinerja laptop menjadi lambat karena di pengaruhi banyak ruang memori yang dipakai. Sebaiknya hapus file, foto, video maupun aplikasi yang terpakai agar kinerja laptop menjadi normal.

4. Membiarkan Pop Up Muncul Terus Menerus


Pop up yang dibiarkan muncul terus menerus akan mengacaukan kinerja laptopmu. Pop up yang terus menerus muncul dan tak sengaja di-klik bisa saja menggiringmu pada virus ataupun malware yang merugikan. Cara terbaik adalah dengan memasang aplikasi untuk memblokir pop up yang bisa kamu temukan di Google. Namun, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman.


5. Membuat Laptop Terus Menyala


Layaknya manusia, laptop juga butuh bernapas. Membiarkannya bekerja terlalu lama adalah sebuah kesalahan yang masih banyak diabaikan oleh pengguna komputer dan laptop. Panas yang menumpuk pada laptop bisa merusak hard drive dan komponen lainnya. Berikan ruang bagi alat elektronik untuk bernapas dan beristirahat sejenak untuk bisa digunakan kembali. Hal penting lainnya adalah jangan meletakkan laptop di atas karpet atau benda lunak lainnya yang dapat mengumpulkan panas.


Beberapa poin diatas mungkin sering kita lakukan, bisa saja karena ketidaksengajaan kita terhadap kondisi laptop akan membuat kinerja menjadi kacau atau eror. Perlu diperhatikan agar laptop menjadi awet perlu adanya kesadaran diri dalam menggunakannya. Jadi rawatlah agar tidak mengeluarakan duit yang banyak jika laptop kita mengalami kerusakan, Lumayan duit yang harus dikeluarakn jika laptop kita mengalami kerusakan yang mana akan juga mengacaukan atau menghambat juga dalam beraktifitas.

Terimakasih telah membaca blog ini, sekiranya jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan





Komentar

Postingan Populer