PERANGKAT "INPUT"

Siapa yang tak pernah menggunakan mouse, touchpad, keyboard ? mereka merupakan perangkat input yang memudahkan pengguna dalam menggunakan alat komputasi. Andaikan perangkat tersebut tidak ada, pasti sangat susah untuk melakukan pengerjaan komputasi. Jadi apa itu yang dimaksud dengan perangkat input ? 

INPUT adalah masukan. Jadi, perangkat input pada komputer berarti perangkat masukan yang memberi perintah langsung berupa informasi digital pada pengguna. perangkat input mempunyai ciri-ciri yaitu dapat dilihat dan diraba. Perangkat input sendiri mempunyai banyak macamnya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan dari masing-masing komputer. Ada beberapa perangkat input diantaranya :

KEYBOARD


Keyboard ialah alat untuk memasukkan data yang berupa huruf, simbol, angka, dan lain-lain. Dengan perangkat keyboard kita bisa membuat teks, laporan, dan sejenisnya. Untuk huruf, terdapat huruf A sampai Z; sedangkan angka, ada angka 0,1, hingga 9.



Selain itu dapat memasukkan tanda baca koma, titik, perintah, tanya. Juga ada simbol garis miring, titik dua, kurung, persen, pagar, bintang, tanda kutip, dan lain sebagainya. Keyboard mengalami pengembangan beberapa kali sehingga terdapat berbagai macam varian port, seperti port serial, PS/2, wireless, dan USB.

MOUSE

Mouse merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi menggerakkan pointer pada layar monitor. Mouse sangat diperlukan untuk sistem operasi yang berbasis grafik karena dapat memudahkan untuk mengoperasikan komputer. seperti halnya pada keyboard, mouse juga memiliki beberapa jenis berdasarkan konektor yang digunakan, yaitu mouse serial, parallel, USB, dan Wireless



TOUCHPAD

Touchpad merupakan perangkat input yang bekerja layaknya mouse, yaitu sebagai penunjuk pointer atau kursor.

Bedanya, mouse tergolong portable device yang dapat dipasang dan dilepas. Kalau touch pad biasanya terdapat pada laptop / notebook yang sudah terpasang permanen. Cara menggunakannya hanya dengan menggerakkan jari pada permukaan touch pad.

SCANNER

Mesin scanner zaman sekarang fungsinya bisa merangkap sebagai mesin fotokopi, dan printer. Ketiga tugas penting dalam percetakan ini dapat ditemukan dalam satu alat (3 in 1).

Scanner memiliki fungsi untuk menampilkan / mengcopy teks atau gambar melalui layar monitor dan dapat disimpan berupa file. Hasil copy-annya sangat mirip mulai dari warna dan bentuk. Untuk ukuran bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.


WEBCAM



Webcam fungsinya tak jauh beda dari kamera digital. Webcam adalah kamera yang terhubung ke web, bisa untuk melakukan panggilan video (video call) dan berfoto. Biasanya input device ini terpasang pada komputer dan diletakkan di atas monitor. Bentuk webcam mini seperti kamera CCTV dan dapat merekam jika diaktifkan.






Selain dari perangkat diatas, juga ada joystick, Barcode, Handycam, Trackball. Semua perangkat input disambungkan melalui kabel USB terhadapat port USB yang terdapat pada CPU. 

Sumber :




Komentar

Postingan Populer